article-image

Sumber Gambar: zanda photography On Unsplash

Menanam dalam greenhouse atau rumah kaca merupakan salah satu alternatif budidaya tanaman yang mulai diminati oleh petani di Indonesia. Kelebihan dari budidaya dalam greenhouse adalah kondisi lingkungan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan sehingga pertumbuhan tanaman dapat lebih terkontrol dengan baik. Selain itu, lingkungan dalam greenhouse relatif lebih aman dari risiko hama maupun penyakit tanaman. Keuntungan lain dari menanam dalam greenhouse adalah tidak dipengaruhi oleh musim dan cuaca, sehingga produksi tanaman dapat terus berjalan sepanjang tahun.

Budidaya tanaman dalam greenhouse umumnya dilakukan secara hidroponik atau tanpa menggunakan tanah. Meskipun demikian, banyak juga terdapat sistem budidaya dalam greenhouse yang menggunakan tanah, maupun tabulampot. Berikut adalah 5 jenis tanaman yang cocok ditanam di dalam greenhouse

1. Tomat Tomat adalah jenis sayuran yang lazim dibudidayakan di dalam greenhouse. Berbagai jenis tomat cocok dibudidayakan dalam sistem terkontrol ini. Umumnya tanaman tomat yang dibudidayakan dalam greenhouse merupakan jenis tomat yang merambat. Panen tomat dapat dilakukan sepanjang tahun dengan risiko serangan hama yang lebih kecil.

2. Bayam Bayam merupakan salah satu tanaman sayur yang cocok dibudidayakan di dalam greenhouse. Bayam yang ditanam menggunakan sistem ini akan lebih bersih, relatif lebih aman dari hama dan penyakit, serta lebih aman untuk dikonsumsi.

  1. Selada Selada merupakan salah satu sayuran daun yang cocok ditanam dalam greenhouse. Umumnya tanaman ini dibudidayakan dalam sistem hidroponik dan cenderung menyukai suhu yang lebih rendah. Berbagai varietas dari selada dapat ditanam dengan mudah dalam greenhouse.

4. Timun Timun adalah jenis tanaman lain yang cocok dibudidayakan dalam greenhouse. Tanaman yang cocok ditanam dalam suhu tinggi ini umumnya dapat dipanen dalam waktu 3-4 bulan. Seperti tomat, berbagai jenis varietas timun dapat ditanam dan menghasilkan buah dengan kualitas tinggi.

5. Stroberi Stroberi merupakan salah satu tanaman yang cocok ditanam dalam greenhouse. Buah ini cenderung lebih menyukai kondisi lingkungan dengan temperatur rendah dan cukup sensitif. Apabila ditanam dalam greenhouse, stroberi yang tumbuh akan memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat memperpanjang masa panennya. Demikian beberapa jenis tanaman yang cocok dibudidayakan dalam greenhouse. Bagi sobat Tania yang berminat untuk mulai menanam di kebun maupun greenhouse, Neurafarm menyediakan Kit Menanam yang berisikan tiga benih pilihan dan media tanam, dilengkapi dengan panduan menanam serta bergabung dalam grup Whatsapp Bertani Bersama Tania. Selamat mencoba dirumah ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi